Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 7, No 1 (2010)

Konsep Siklus Hidup Produk Hubungan antara Produk, Perilau Konsumen dan Persaingan

Firman Alamsyah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Manajemen, Universitas Islam Bandung (Unisba))



Article Info

Publish Date
18 Mar 2010

Abstract

Siklus hidup suatu produk menggambarkan suatu ikhtisar perjalanan suatu produk di pasar sejak diperkenalkan sampai dengan hilang dipasaran. Pada dasarnya siklus hidup produk memiliki empat tahapan yaitu: tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan kemerosotan. Setiap tahapan dalam siklus memiliki peluang dan masalah-masalah yang khas. Pemahaman setiap tahapan dapat dikenali melalui pendekatan teori difusi inovasi yang dapat memberikan informasi mengenai sebab-sebab terjadinya siklus tersebut dan akibat yang dapat ditimbulkan dari masing-masing tahapan. Informasi ini berguna manajemen dalam mengambil keputusan-keputusan pemasaran. Kata kunci: siklus hidup produk dan diffusi inovasi.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...