Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 6, No 2 (2009)

ARUS KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR DAN ASPEK PEMASARAN PARIWISATA

Muhardi Muhardi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Manajemen, Universitas Islam Bandung (Unisba))



Article Info

Publish Date
07 Sep 2009

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui potensi pariwisata di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), arus kunjungan wisatawan baik domestic maupun asing berdasarkan time series, dan upaya yang perlu dilakukan Kabupaten Beltim dalam peningkatan arus wisatawan dilihat dari aspek pemasaran pariwisata. Selanjutnya dari hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Beltim sebagai suatu daerah kepulauan memiliki potensi pariwisata yang sagat besar. Salah satunya dapat dilihat dari banyaknya objek wisata di kabupaten Beltim ini, (2) Keberhasilan sektor wisata salah satunya terukur dari arus kunjungan wisatawan domestik yang dari tahun ke tahun memiliki kecenderungan meningkat. Kabupaten Beltim dengan objek wisatanya yang dimiliki serta alamnya tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik, tetapi juga bagi wisatawan asing. Walaupun arus kunjungan wisatawan asing dari tahun ke tahun juga meningkat, akan tetapi secara kuantitatip dinilai masih sangat rendah, dan (3) salah satu faktor yang perlu mendapatkan perhatian dalam upaya meningkatkan arus kunjungan wisatawan umumnya dan khususnya wisatawan asing adalah dari sisi pemasaran pariwisata (tourism marketing). Untuk itu Kabupaten Beltim perlu membangun brand name bagi daerahnya, dan merumuskan marketing framework-nya. Kata kunci: Beltim, kunjungan wisatawan, pemasaran pariwisata.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...