Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 08 Mempawah Timur. Manfaat penelitian yaitu (1) Bagi siswa: dapat memupuk pribadi siswa yang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran. (2) Bagi guru : dapat melaksanakan proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (3) Bagi sekolah : dapat memberikan ide yang baik dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian dengan penerapan metode Eksperimen dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 08 Mempawah Timur pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada siklus I nilai rata-rata siswa 67,05 dan pada siklus II rata-rata belajar meningkat menjadi 75,88. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 8,83.  Kata kunci : Hasil belajar, metode eksperimen, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  Abstract: The purpose of this study is to determine how to improve student learning outcomes in the Natural Sciences learning using an experimental method in class I Elementary School 08 East Mempawah. Benefits of research: (1) For students: to foster personal and creative students active in learning activities. (2) For the teacher: to implement the learning process using experimental methods to study Natural Sciences. (3) For schools: can give a good idea in an effort to improve the quality of learning and student activity in learning. The results of the study with the application of Experiments method can improve student learning outcomes Elementary School class I 08 East Mempawah Learning Natural Sciences ( IPA ) . In the first cycle, the average value of 67.05 students and the second cycle study average increased to 75.88. So there is an increasing learning outcome by 8.83. Keywords: learning outcomes, the experimental method, the Natural Sciences Learning
Copyrights © 2014