Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mengapresiasi seni budaya melalui model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIEÂ SMP Negeri 1 Parindu yang berjumlah 31 siswa. Analis terhadap hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran seni budaya. Peningkatan yang terjadi pada akhir penelitian yakni nilai rata-rata siswa sebesar 63,76 meningkat menjadi 71,83. Kata Kunci : Apresiasi Seni, Pembelajaran Kooperatif Abstract: The aims of this research is to know how the cooperative learning can to increase the learning achievement in eighth grade students of SMP Negeri 1 Parindu. The method used in this research is a classroom action research method. Sources of data in this study is the eighth grade s tudents of SMP Negeri 1 Parindu. Analysts of the observations show an increase in students' learning achievement through the use of cooperative learning in arts class. Increase that occurs at the end of the study the percentage score of learning achievement from 63,76 to 71,83 Keywords: Art Apresiation, Cooperative Learning.
Copyrights © 2016