Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier di SMK-SMTI Pontianak. Metode deskriptif dengan bentuk studi kasus digunakan untuk mencapai tujuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI F. Tes kompetensi strategis dan wawancara pada materi program linier merupakan alat untuk mengumpulkan data. Hasil tes kompetensi strategis dan wawancara dianalisis berdasarkan tiga indikator kompetensi strategis, yaitu kemampuan merumuskan masalah, kemampuan menyajikan masalah, dan kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi strategis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier termasuk dalam kategori tidak mampu. Dari 28 siswa yang diberikan tes kompetensi strategis hanya 4 siswa yang mampu memenuhi tiga indikator, 5 siswa hanya mampu memenuhi dua indikator, 4 siswa hanya mampu memenuhi satu indikator, dan 15 siswa lainnya tidak mampu memenuhi ketiga indikator dari soal yang diberikan. Kata Kunci : Kompetensi Strategis, Menyelesaikan soal cerita Abstract: The purpose of this research is to describe the strategic competence of students in solving the story problem on linear program at SMK-SMTI Pontianak. Descriptive methods with case study forms are used to achieve the objectives. The subjects of the study were students of class F of eleventh grade. The tools for collecting data are strategic competence test, and interviews on linear program. The results of strategic competence test and interviews are analyzed based on three strategic competency indicators, namely students ability to formulate problems, present problems, and solve math problems. The result of data analysis shows that the students' strategic competence in solving the story problem in the linear program is included in the category of incapable. From 28 students who were given strategic competency test, only 4 students were able to meet three indicators, 5 students were able to meet only two indicators, 4 students were able to meet only one indicator, and 15 students were unable to meet any indicators of the given problem. Keywords: Strategic Competence, Solving the story problem Â
Copyrights © 2017