Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan teropong pecahan pada pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 10 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif bersama rekan sejawat. Subjek penelitian adalah guru dan siswa sejumlah 29 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan teropong pecahan meningkat, rata-rata hasil belajar siswa menjadi berada di atas KKM dengan skor 75,86. Kata kunci: Teropong pecahan, Pengurangan pecahan, Hasil belajar Abstract: This research aimed to improve learning outcome student by using binoculars fragment in Matematika learning in class IV SD Negeri 10 North Pontianak. Research methods used is descriptive method with class action research form that collaborative with colleague. Subject research is teacher and student total 29 people. Data analysis result indicate that learning outcome student after use binoculars fragment increase, average learning outcome student become at on KKM with score 75,86. Keywords : binoculars fragment, reduction fragment, learning outcome
Copyrights © 2014