Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosa kata siswa di kelas VII MTs IKA-PGA Pontianak provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah measurement technique dan indirect communication technique. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada pilihan ganda tes pertama adalah 55.91 dan kedua adalah 58.02, jadi perbedaan skor meningkat menjadi 2.11. Sedangkan pada essai untuk tes pertama adalah 56.31 dan kedua adalah 57.82, jadi skor meningkat 1.51. Kesimpulan untuk klasifikasi kategori yaitu poor to average yang bearti kosa kata pada kelas VII sekolah MTs IKA-PGA Pontianak masih dibawah rata-rata untuk ketuntasan pelajaran bahasa Inggris dalam penguasaan kosa kata yang harus dikuasai siswa. Penulis menganjurkan bahwa guru bahasa Inggris semestinya mempunyai beberapa tehnik dalam mengajarkan kosa kata, sebagai contoh seorang guru dapat menggunakan objek nyata untuk menunjukkan arti dari kosa kata supaya membuat siswa mudah memahami dan menguasai kosa kata dan mempelajari bahasa Inggris.  Kata kunci : Kosa Kata, Penguasaan, Deskriptif Abstract: This research aims to describe of the students’ vocabulary mastery of the seventh grade students of MTs IKA-PGA Pontianak West Borneo Province. The research method that used is a mesurement technique and indirect communication technique. The study sample is 25 students. The result of data analysis showed that multiple-choice test 1 is 55.91 and test 2 is 58.02, so the compared of score in average is 2.11. while the matching test 1 is 56.31 and in test 2 is 57.82, so the compared of score in average is 1.51. The conclusion to the classification of category is poor to average which mean that vocabulary of the seventh grade students of MTs IKA-PGA Pontianak in low average level for achievement in English lesson in mastering vocabulary that should mastered by students. The writer suggests that English teacher should have some techniques to teach vocabulary for example the teacher can use the real object to show the meaning of the words, in order to make the students easier in mastering vocabulary and learning English subject.  Key words: Vocabulary, Mastery, Descriptive
Copyrights © 2014