Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 6 (2015): JUNI 2015

PENINGKATAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Kusmiyati, . (Unknown)
Thamrin, M. (Unknown)
Astuti, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dengan menggunakan bangun datar melalui metode pemberian tugas pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiong Keranjik Melawi, 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dengan menggunakan bangun datar melalui metode pemberian tugas pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiong Keranjik Melawi dan 3) Peningkatan kreativitas dengan menggunakan bangun datar melalui metode pemberian tugas pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiong Keranjik Melawi. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan berupa observasi, IPKG I, IPKG 2 dan wawancara. Langkah-langkah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan atau Observasi dan 4). Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan wawancara/percakapan, sesuai dengan teknik pengumpul data yang digunakakan, maka alat pengumpulnya adalah format observasi dan panduan wawancara. Hasil peneltian menunjukkan peningkatan kreativitas dengan menggunakan bangun datar melalui metode pemberian tugas pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiong Keranjik Melawi pada siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata 63,75 yang dikategorikan cukup baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 89,38 yang dikategorikan sangat baik.   Kata Kunci: Kreativitas, Bangun Datar, Metode Pemberian Tugas.   Abstract: The aim of this study was to determine:) Planning learning to promote creativity by using a flat wake through the method of administration tasks in children aged 5-6 years in kindergarten Earth Tiong Keranjik Melawi, 2) Implementation of the learning to promote creativity by using the wake Flat through the method of administration tasks in children aged 5-6 years in kindergarten Earth Tiong Keranjik Melawi and 3) Increased creativity by using a flat wake through the method of administration tasks in children aged 5-6 years in kindergarten Earth Tiong Keranjik Melawi , Researchers used descriptive method. The form of this research is a class act. Analysis of the data used in the form of observation, IPKG I, IPKG 2 and interviews. The steps of this study are as follows: 1). Planning, 2). Implementation, 3). Observations or observation and 4). Reflection. The data analysis technique used is the observation / observation and interview / conversation, according to the techniques of data collection be adopted, then the tool is a format pengumpulnya observation and interview guides. Results of a study showed increased creativity by using a flat wake through the method of administration tasks in children aged 5-6 years in kindergarten Earth Tiong Keranjik Melawi on the first cycle only obtain an average value of 63.75 is categorized quite good, while on the second cycle 89.38 scored very well categorized Keywords: Creativity, Wake Datar, Method of Providing Duty.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...