Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD

Sebastianus, . (Unknown)
Hasjmy, Maridjo Abdul (Unknown)
., Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Abstrak : Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V SD Negeri 21 Sungai Laur Ketapang. Dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuknya survey. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini menggunakan setting di dalam kelas yaitu di kelas V SD Negeri 21. Subyek penelitian terdiri dari guru kelas dan peserta didik kelas V yang berjumlah 10 peserta didik. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung, lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.    Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Aktivitas fisik belajar peserta didik di setiap siklus mengalami peningkatan. Di mulai dari penelitian awal yaitu 46,66% kemudian pada siklus I 63,33%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 70%, dan siklus III = 96,6%. Aktivitas mental belajar peserta didik di setiap siklus mengalami peningkatan. Di mulai dari penelitian awal yaitu 23,3% kemudian pada siklus I 35% sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 52,5% dan siklus III menjadi 75%. Dari penelitian awal yaitu 33,33% kemudian pada siklus I 56,67% sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 63,3% dan siklus III menjadi 90%. Dengan menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA berdampak positif dan bermakna bagi kehidupan belajar peserta didik. Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas, Metode Demonstrasi   Abstract : The research problem is how the increased activity of leaners in learning science by using the method of demonstration in grade V public elementary schools 21 Sungai Laur Ketapang. In the research is descriptive method. The shape of the survey. Type of research is a classroom action research. Setting this research use in the classroom public elementary school 21 Sungai Laur. The subject of the study consisted of theachers and learners V totaling 10 learners. The thechnique used is the technique of direct observation sheet. This study consisted of 3 cycles with each through stage planning, implementation, observation and reflection.   The results of research as follow : Phsical activity of learners in each cycle has increased, starting from the early research is 46,66& and the I cycles is 63,33% while the II cycle increased to 70% and III cycles to 96,6%. Mental activity of learners in each cycle has increased. Starting from the early research is 35% and then the II cycle is 52,5% and III cycles 75%. From the early research is 33,33% and then the I cycle is 56,67% while the II cycle increased to 63,3% and III cycle to 90%. By applying the method of demonstration in teaching science positive impact and meaningful to the lives of learners.   Key Word : Increase, Activity, Demontration Method

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...