Abstrak: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu pengetahuan alam menggunakan metode eksperimen kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 29 Tumbang Titi Ketapang. Penelitian bertujuan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, dan difokuskan pada penerapan pembelajaran menggunakan metode eksperimen khususnya pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif, bentuk penelitiannya studi survey. Teknik dalam pengumpulan datanya yaitu teknik observasi dan teknik pengukuran. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, dan peserta didik menemukan konsep pembelajaran karena peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung. Dengan meningkatnya aktivitas belajar peserta didik, maka berdampak positif terhadap nilai hasil tes belajar peserta didik. Kata Kunci : Pendekatan, Eksperimen, Pembelajaran, IPA Â Abstract: Improved Learning Activity Natural science using experimental methods class VI at State Elementary School 29 Tumbang Titi Ketapang. The aim of this study aims to improve the learning activities of students, and focused on the application of learning using the experimental method, especially in science subjects. The method used is descriptive method, the form of survey research studies. Collection of dates in which the techniques of observation and measurement techniques. While the dates collection tool uses observation sheets. It can be concluded that the application of learning through scientific approach using experimental methods can enhance the learning activity, and learners find the concept of learning because students gain direct experience. With increasing activity of learners, the positive impact on test scores of learners. Keywords: Approach, Experiment, Education, Science
Copyrights © 2015