Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 2, No 3 (2013): Maret 2013

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 27 TANAP KEMBAYAN SANGGAU

Sitorus, Rotua (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2013

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media lingkungan memberikan sumbangan yang positif pada aktivitas pembelajaran Matematika di kelas II Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kegiatan proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan segala yang penjadi permasalah penelitian. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah media diskriptif, dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data penelitian tindakan kelas ini adalah lembar observasi, wawancara dan kamera. Hasil penelitian ini menunjukan adanya aktivitas peserta didik cukup baik, mengalami peningkatan dan memasuki kriteria ketuntasan minimal 60%, dari aktivitas pembelajaran matematika. Guru dalam aktivitas pembelajaran telah menyiapkan RPP berpedoman pada KTSP, dan didasarkan pula pada silabus dan KTSP. Simpulan bahwa penerapan media lingkungan memiliki sumbangan yang positif terhadap aktivitas pembelajaran matematika. RPP telah di rumuskan sesuai dangan Permen No. 41 Tahun 2007, antara lain dalam kegiatan inti pembelajaran telah sesuai dan dilaksanakannya pedoman ekplorasi, elaborasi, konfirmasi. Kata kunci: media lingkungan, konsep perkalian, pembelajaran matematika

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...