Masalah penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media lingkungan memberikan sumbangan yang positif pada aktivitas pembelajaran Matematika di kelas II Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kegiatan proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan segala yang penjadi permasalah penelitian. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah media diskriptif, dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data penelitian tindakan kelas ini adalah lembar observasi, wawancara dan kamera. Hasil penelitian ini menunjukan adanya aktivitas peserta didik cukup baik, mengalami peningkatan dan memasuki kriteria ketuntasan minimal 60%, dari aktivitas pembelajaran matematika. Guru dalam aktivitas pembelajaran telah menyiapkan RPP berpedoman pada KTSP, dan didasarkan pula pada silabus dan KTSP. Simpulan bahwa penerapan media lingkungan memiliki sumbangan yang positif terhadap aktivitas pembelajaran matematika. RPP telah di rumuskan sesuai dangan Permen No. 41 Tahun 2007, antara lain dalam kegiatan inti pembelajaran telah sesuai dan dilaksanakannya pedoman ekplorasi, elaborasi, konfirmasi. Kata kunci: media lingkungan, konsep perkalian, pembelajaran matematika
Copyrights © 2013