Abstract: The purpose of this study was to investigate the effect of applying questioning skill in scientific remediation on misconception among grade XI students at the Pontianak 9 Goverment Secondary School. A diagnostic test was constructed using Certainly of Response Index to prompt student’s misconception. Using intact group method students from the class XI IPA3 academic year 2013/2014 was choosen to partisipate in the one group pretest-postest experimental design. Series of questions were given to stimulate student’s curiousity. Analysis result indicated that the remediation activity significanly influence on the student’s misconception reduction on every concept; moment arm and torque (p=0,31; α=0,05); angular velocity concept (p=0,004; α=0,05); rolling motion concept (;; α=5%). The Wilcoxon test result indicates that the remediation significanly effective for all students (α=5% ;dk=1; ; ). Keyword: Questioning Skill, Scientific Approach, Remediation.  Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan keterampilan bertanya dalam remediasi berbasis pendekatan saintifik pada perubahan jumlah miskonsepsi siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pontianak tahun ajaran 2013/2014. Karena itu, tes diagnostik yang disusun dengan metode Certainty of Response Index (CRI) digunakan untuk menetapkan perubahan jumlah miskonsepsi persiswa dan perkonsep. Dengan teknik intact group siswa kelas XI IPA 3 berjumlah 26 orang terpilih untuk berpartisipasi. Penelitian berbentuk one group pretest-postest design. Tes Binomial dan McNemar menunjukkan perubahan jumlah miskonsepsi siswa yang signifikan pada konsep hubungan lengan momen dan torsi (p=0,31; α=0,05); konsep kecepatan sudut (p=0,004; α=0,05). Uji McNemar; konsep gerak menggelinding (;, α=5%). Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa penggunaan keterampilan bertanya dalam remediasi berbasis pendekatan saintifik berpengaruh signifikan terhadap perubahan jumlah miskonsepsi tiap siswa (α=5% ;dk=1; ; ).  Kata kunci:   Keterampilan Bertanya, Pendekatan Saintifik, Remediasi.
Copyrights © 2014