Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengapresiasi karya seni tari melalui metode Jigsaw di kelas XC SMA Negeri 10 Pontianak. Adapun penelitian ini menggunakan teori pembelajaran, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan metode Jigsaw. Kemudian dalam penelitian ini juga dikaji tentang mata pelajaran SBK dan Tari Serampang Dua Belas. Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan   diperoleh simpulan bahwa pertama, metode Jigsaw merupakan penerapan pembelajaran dengan mengembangkan kerja sama antar siswa kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak dengan membentuk kelompok ahli; dan kedua, penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X C SMA Negeri 10 Pontianak khususnya pada materi mengapresiasi seni tari.   Kata Kunci: hasil belajar dan metode jigsaw   Abstrack: The aim of this research is to improve students’ learning outcomes on basic competencies in appreciating works of art dance through Jigsaw method in class XC of SMA Negeri 10 Pontianak. This study used theory of learning, learning outcomes, cooperative learning models, and Jigsaw method. This study was implemented on SBK subjects and Serampang Dua Belas Dance. The study used action research methodology by using descriptive and qualitative approaches. Based on the results of research and discussion, it was concluded; first, the implementation of Jigsaw method has developed cooperation among students in class XC of SMA Negeri 10 Pontianak by creating groups of experts; second, the use of Jigsaw method can improve students’ learning outcomes in class XC of SMA Negeri 10 Pontianak especially in appreciating the works of art dance materials. Keywords: learning outcomes and Jigsaw method
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014