Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran LKS pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Sungai Kakap.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, Bentuk penelitian ini yaitu bentuk Quasy Experimental Research dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 sungai Kakap dengan kelas eksperimen yaitu kelas XII IPS 1 yang berjumlah 37 orang dan kelas kontrol yaitu kelas XII IPS 2 berjumlah 40 orang. Perbandingan hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol cukup signifikan. Siswa di kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 81,9444. Sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai adalah 73,9474. Adapun efffect sizenya sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Data menunjukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran LKS pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Sungai Kakap efektif. Kata Kunci : Media Pembelajaran, LKS, Mata Pelajaran, Akuntansi Abstract: This research has a goal of knowing the usage of instructional media students worksheet (LKS) on accounting subject in class XII IPS SMA Negeri 2 Sungai Kakap. The method used is the method of experimental research, the form of this study is Quasy Experimental Research with research design Posttest-Only Control Design. The subjects in this study were students of class XII IPS SMAN 2 Sungai Kakap with experimental class is class XII IPS 1 is total of 37 people and the control class is class XII IPS 2 of 40 people. Comparison of the results of post-test experimental class and control class is significant. Students in the experimental class obtained, the average value of 81.9444. While the control group the average value is 73.9474. The big efffect size of 0.56 with the medium category. The data shows that learning outcomes by usinginstructional media students worksheet (LKS) on accounting subject in class XII IPS SMA Negeri 2 Sungai Kakap is effective. Keywords: Learning Media, Worksheet.,subject, accounting. Â
Copyrights © 2016