Abstrak : Peningkatan Kemampuan Membacakan Puisi dengan Strategi KWL (Know, Want and Learn) dan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 05Beloyang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membacakan puisi menggunakan strategi KWL (Know, Want and Learn) dan metode demonstrasi pada siswa kelas VA SD Negeri 05 Beloyang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitiannya adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi KWL (Know, Want and Learn) dan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi.Terbukti pada siklus 1 KKM sudah meningkat yaitu 66,67% dengan rata-rata kelas 66,77. Sedangkan pada siklus 2 lebih meningkat lagi, KKM menjadi 83,33% dengan rata-rata kelas 79,40. Jadi, siswa berhasil karena perbaikan pembelajaran membacakan puisi dengan strategi KWL (Know, Want and Learn) dan metode demonstrasi. Kata kunci: membacakan puisi, strategi KWL (Know, Want and Learn) dan metode demonstrasi Abstract: Increased ability to read a poem with KWL strategy (Know, want and learn) and method demonstration in class at Elementary School VA 05 Beloyang in the academic year 2014/2015. This action research aims to describe the planning, implementation and evaluation of learning a poem using the KWL (know, want and learn) and method demonstration on VA grade students of SD Negeri 05 Beloyang in the academic year 2014/2015. The method used is descriptive, qualitative research is the shape and type of classroom action research. This study using the technique of direct observation and measurement techniques. The results showed that the strategy KWL (know, want and learn) and method of demonstration can increase the students' skills in reading poetry. Proven in the first cycle KKM has increased is 66.67% with an average grade 66,77. While in the second cycle is increased again, KKM to 83.33% with an average grade 79,40. So, because learningsucced to with strategy KWL (Know, Want and Learn) and method demonstration.  Keywords: reading poetry, strategy KWL (know, want and learn) and method of demonstration.. Â
Copyrights © 2016