Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 3 (2019): September - December

Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo

Darmawati Darmawati (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 8 Palopo tahun 2018/2019 yang berjumlah 314 orang dan sampel 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan memadai, hal ini dinyatakan berdasarkan hasil terakhir (Posttest). Ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM pada tes terakhir (Posttest) Kemampuan Menulis Surat Resmi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang mendapat nilai ≥ 76 berjumlah 25 siswa (78%) dan siswa yang mendapat nilai< 76 berjumlah 6 siswa (22%). Dari ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM terakhir (posttest) sudah mampu dinyatakan apabila jumlah siswa mencapai 78% yang memeroleh nilai ≥ 76. Setelah dilaksanakan pembelajaran kemampuan menulis surat resmi maka munculah perubahan ke arah yang lebih positif antara lain siswa merasa lebih senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan siswa sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...