Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2019): May - August

Peningkatkan Hasil Belajar Sains Konsep Listrik Dinamis melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif pada Siswa Kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo

Hasnah Hasnah HP (SD Negeri 53 Sawerigading, Kota Palopo)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo, yang diajar melalui penerapan model pembelajaran generatif. Penenlitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II masing-masing terdiri tiga kali pertemuan. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Hasil penelitian menunjuakan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus. Dimana pada siklus pertama 64,85 dan siswa yang tuntas belajar 22 orang (62,86%). Pada siklus kedua 81,14 dan siswa yang tuntas 30 orang (85,71). Disamping itu, data hasil observasi disetiap siklus menujukkan adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih positif, keaktifan dalam belajar, kerjasama dan keaktifan dalam menerima pelajaran. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar sains pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD untuk dapat menjadikan model pembelajaran generatif sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran dalam mengajarkan sains khususnya listrik dinamis di sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...