Jurnal Penelitian Psikologi
Vol. 11 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Psikologi

Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion

Ummah, Nadya (Unknown)
Siti Azizah Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Pembelian secara impulsif seringkali terjadi pada produk pakaian terutama saat ada trend model baru dan tawaran potongan harga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan fashion involvement dan shopping lifestyle dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 76 mahasiswi yang tinggal di kos sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion involvement dan shopping lifestyle secara simultan memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Kedua variable tersebut ikut berkontribusi terhadap terbentuknya perilaku impulsif buying. Selain itu masing-masing variable baik fashion involvement maupun shopping lifestyle juga memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Psikologi (JPP), memuat artikel hasil penelitian tugas akhir studi dan hasil penelitian empiris lainnya terkait dengan bidang psikologi, antara lain: bidang psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan, ...