Prestasi Belajar dapat di pengaruhi berbagai faktor yaitu dapat dari intrinsik maupun ekstrinsik salah satu faktor yang berpengaruh yaitu peran pembimbing akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan layanan bimbingan akademik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi dan studi kasus, populasinya sebanyak, cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer telah ditentukan yaitu mahasiswa BKI angkatan 2015, dan sumber data sekunder telah ditentukan 10 dosen pembimbing akademik, juga dokumen-dokumen akademik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, angket dan studi pustaka yang di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara layanan bimbingan akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Kesimpulan prestasi akademik mahasiswa sebagian besar dipengaruhi oleh peran pembimbing akademik.
Copyrights © 2019