Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam

Peranan Pembimbing dalam Meningkatkan Hapalan Al-Qur’an Santri

Tri Hijriyanti (Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2018

Abstract

Memorizing the Qur'an is not easy because in completing the 30 juz memorized very hard effort and a lot of problematic faced that if the motivation and interest owned by students is weak then the problematics can be a failure factor in memorizing the Qur'an 'an. Therefore it is needed once mentors who can help to always give motivation and control it continuously so students always keep memorized, The purpose of this study to know: first how memorization program al qu'an santri. secondly how the role and efforts of mentors to improve the recitation of Al-Qur'an santri according to. Third how the dynamics of memorizing the Qur'an santri. The results obtained after doing this research is as a mentor, the effort is made: to help students when the difficulty in memorizing the recitation of the Qur'an, attention to problems faced by students in memorizing the Qur'an, and give advice. (2) As a motivator, efforts are made: to hold semaan, to give wisdoms. (3) As Muwajjih (acceptance of rote deposit), the undertakings are: to determine the special time for the shipment of the Qur'an, to apply the discipline of time and memorize the memorization. Menghapal Al-Qur’an merupakan hal yang tidak mudah karena dalam menyelesaikan hapalan 30 juz sangat membutuhkan usaha yang keras dan banyak sekali problematika yang dihadapi yang jika motivasi dan minat yang dimiliki oleh santri lemah maka problematika tersebut bisa menjadi faktor kegagalan dalam menghapal Al-Qur’an. Karenanya dibutuhkan sekali pembimbing yang bisa membantu untuk selalu memberi motivasi dan mengontrolnya secara terus menerus agar santri selalu menjaga hafalannya, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : pertama bagaimana program hapalan al qu’an santri. kedua bagaimana peran dan usaha pembimbing untuk meningkatkan hasil hapalan Al-Qur’an santri sesuai dengan. Ketiga bagaimana dinamika hapalan Al Qur’an santri. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah sebagai pembimbing, usaha yang dilakukan yaitu: membantu santri ketika kesulitan dalam menyetorkan hapalan Al Qur’an, memperhatikan problem yang dihadapi santri dalam menghapal Al-Qur’an, dan memberi saran. (2) Sebagai motivator, usaha yang dilakukan yaitu: mengadakan semaan, memberi wejangan-wejangan. (3) Sebagai Muwajjih (penerimaan setoran hapalan), usaha yang dilakukan yaitu: menentukan waktu khusus untuk setoran hapalan Al-Qur’an, menerapkan disiplin waktu dan mentasbihkan hapalan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

irsyad

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam ...