Jurnal TIKOMSIN (Teknologi Informasi dan Komunikasi Sinar Nusantara)
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal TiKomSiN

PEMBUATAN HTML5 GAME SEBAGAI MEDIA CERITA DAN PENGETAHUAN SEJARAH KEBUDAYAAN KOTA SOLO

Ainurrofiq Alfaiz (Unknown)
Didik Nugroho (Unknown)
Teguh Susyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Kraton Mangkunegaran Solo merupakan salah satu tempat paling bersejarah di Solo, juga merupakan obyek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tak kurang dari 10.000 wisatawan asing mengunjungi tempat ini setiap tahun. Namun, berbagai media konvensional yang digunakan untuk menarik minat wisatawan masih kurang dapat diandalkan karena banyak keterbatasan interaksi dan visualisasi pada penyampaiannya. Sebuah Mobile Game dapat digunakan sebagai cara yang berbeda untuk dapat menyampaikan nilai kebudayaan kota solo dan menarik minat wisatawan. Dengan memanfaatkan fungsi komunikasi Game sebagai media naratif, maka dapat dibuat sebuah game yang memuat nilai sejarah.Permainan 2D Platformer menggunakan HTML5 Canvas berjudul “Petualangan Pangeran Sambernyawa” dikembangkan menggunakan game engine Construct 2. Menggunakan Adobe Photoshop dan CorelDraw untuk pembuatan design karakter, latar belakang, dan tampilan muka permainan. Dan memanfaatkan HTML5 Canvas sebagai display media dan dikonversi menggunakan CocoonJS agar berjalan di platform android.Kata kunci: Mobile Game,  Pembelajaran, Sejarah,  Kota Solo.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

TIKomSiN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Tikomsin merupakan terbitan berkala hasil penelitian dalam bidang ilmu komputer mencakup disiplin ilmu teknologi informasi meliputi Sistem Pendukung Keputusan, Kecerdasan buatan, Data mining, Jaringan Komputer etc. Majalah ini diterbitkan secara periodik dua kali dalam setahun yaitu bulan ...