Penelitian ini didasarkan pada tingginya perilaku agresif siswa.Perilaku agresif biasanya ditunjukan untuk menyerang, menyakiti atau melawan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mereduksi perilaku agresif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental design dimana siswa diberi treatment dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mereduksi perilaku agresif siswa dengan one grup pretest posttest design. populasi pada penelitian ini sebanyak 45 siswa. Peneliti menggunakan angket sebagai instrument penelitian yang diberikan ke sampel peneelitain sebanyak 35 siswa.Berdasarkan hasil pelaksanaan penyebaran angket dan analisis data penelitian yang menggunakan rumus t-test diperoleh kesimpulan sebagai berikut: “Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk mereduksi perilaku agresif siswa kelas VII SMP PGRI Pagelaranâ€. Hal ini ditunjukan dengan 8,487 > 1%=2,704.
Copyrights © 2017