Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu
Vol 2 No 2 (2017): JURNAL KELITBANGAN PENGEMBANGAN DAN INOVASI IPTEK KABUPATEN PRINGSEWU

PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PECAHAN DI SD

Astuti, Robia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaiman mengajarkan konsep pembagian pecahan pada siswa SD. Operasi pembagian pada bilangan pecahan merupakan materi yang lebih sulit jika dibandingkan dengan materi operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Selain materinya memang sulit, dalam menyajikan materi guru belum menerapkan pendekatan yang dikaitkan dengan benda-benda kongkret sesuai dengan kurikulum 2013 dan sesuai perkembangan kognitif siswa SD. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang berbeda terutama dalam hal “apa yang dipelajari oleh siswa, bagaimana siswa belajar, bagaimana guru mengajar, dan bagaimana menilai hasil belajar siswa”. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman konsep yang dikaitkan dengan benda-benda kongkret adalah pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan alternatif pendekatan pembelajaran yang relevan dengan spirit Kurikulum 2013 dan sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa SD serta berpotensi menumbuhkan rasa senang dengan matematika atau menghilangkan rasa takut terhadap matematika terutama pada materi konsep pembagian pecahan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnallitbang

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Other

Description

Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu merupakan jurnal yang di terbitkan oleh Kelitbangan Bappeda Kabupaten Pringsewu sebagai wadah untuk mengumpulkan karya ilmiah yang sifatnya pengembangan, temuan baru dan inovasi-inovasi terbarukan yang di hasilkan oleh peneliti di ...