Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH BONUS PACK, DAYA BELI, DAN KEPERCAYAAN INSTITUSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA E-MONEY CAMPUSPAY

Fransiska Novita Maria Santika (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Suwardi Suwardi (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Bonus Pack, Daya Beli, dan Kepercayaan Institusi terhadap Loyalitas Pengguna E-Money Campuspay.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh user member yang terdapat pada CampusnetKedungmundu, kemudian melakukan penentuan spesifik random sampling dengan kriteriayang telah ditertentu dalam metode penentuan sampel. Lalu menggunakan Rumus Slovinuntuk memperoleh jumlah sampel yang akan diteliti, kemudian diperoleh hasil sampelsebanyak 100 orang yang memenuhi kriteria persyaratan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas dalampenelitian berpengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas PenggunaE-Money Campuspay. Hasil perhitungan nilai statistik variabel  Bonus Pack menunjukkannilai statistik B1 : 0,398 dengan tanda (+), t hitung : 5,259 > t tabel : 1,984, probabilitas nilaisignifikansi 0% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhitungan nilai statistik variabel  Daya Belimenunjukkan nilai statistik B1 : 0,093 dengan tanda (+), t hitung : 2,108 > t tabel : 1,984,probabilitas nilai signifikansi 0,38% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhitungan nilai statistikvariabel  Kepercayaan Istitusi menunjukkan nilai statistik B1 : 0,314 dengan tanda (+), thitung : 2,881 > t tabel : 1,984, probabilitas nilai signifikansi 0,005% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhiotungan nilai f hitung pada variabel bebas menunjukkan angka : 63,662 > f tabel :2,460.  Berdasarkan data tersebut berarti variabel bebas secara parsial maupun simultandinyatakan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pengguina E-MoneyCampuspay. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi R Square yang didapatkansebesar 0,665 atau 66,5%. Prosentase tersebut menjelaskan bahwa perubahan tingkatLoyalitas Pengguna E-Money Campuspay dipengaruhi oleh tingkat Bonus Pack, Daya Beli,dan Kepercayaan Institusi sebesar 66,5%. Sedangkan 34% jumlah sisanya adalah dipengaruhioleh variabel lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

vadded

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, ...