Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN PERSONALITAS WIRANIAGA DAN KEMENARIKAN MODEL PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Siti Muzarongah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Suwardi Suwardi (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang)
A. M. Juma’i (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga, dan Kemenarikan Model Produk terhadap LoyalitasPelanggan MD ACC. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan MD ACC Semarang.Sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan metode stratifikasisampling. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis linier berganda yangsebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk secara simultan (bersama-sama)berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung >Ftabel atau 8.661 > 2.81 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 . Dari semua variabelbebas, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga (X2) adalah variabel yang paling berpengaruhdominan, koefisiennya 0.293 atau 29.3%. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi (R²) menunjukkan 36.10% variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan melalui variabel Kualitas Pelayanan, KepercayaanPersonalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk. Sedangkan sisanya sebanyak63.90% dapat dijelaskan melalui variabel lain diluar model penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

vadded

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, ...