Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika
Vol 5, No 2 (2019): Desember 2019

Kualitas Informasi Sebagai Penghubung Antara Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna: Study Core Banking System Pada BPR

Hendry Yudha Pratama (Universitas Merdeka Malang)
Dwi Arman Prasetya (Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang)
Yusaq Tomo Ardianto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tiga variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna. Pengaruh kualitas informasi sebagai mediasi dari kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna Core Banking System (CBS) pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh langsung antara kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna CBS. Responden adalah karyawan BPR sebagai pengguna CBS bernama Assist-BPR.NET di wilayah Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 karyawan bagian operasional dari 10 BPR di Malang yang menggunakan CBS Assist-BPR.NET. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sensus dengan menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai sampel. Teknik analisis menggunakan Teknik regresi linier dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi sebagai variabel mediasi dapat memediasi variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna.DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i2.3648

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika (JTMI) diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang. JTMI terbit 2 edisi per tahun pada Januari - Juni dan Juli - Desember dengan scope ilmu komputer yang mencakup teknologi informasi, sistem informasi, dan manajemen informatika. ...