Transmisi
Vol 9, No 1 (2013): Edisi Pebruari 2013

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI DEGREASING DAN WAKTU ANODIZING TERHADAP LAJU KEAUSAN DAN KETAHANAN AUS

Suprapto, Agus (Universitas Merdeka Malang)
Suyatno, Agus (Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2020

Abstract

Banyak komponen otomotif maupun industri yang bekerjanya bergesekan antara komponen yang satu dengan lainnya sehingga terjadi keausan. Hal ini berdampak pada : biaya maintenance menjadi membengkak, Pengujian yang dilakukan dalam hal ini uji aushasil anodizing dengan variasi waktu pencelupan dengan berbagai komposisi cairan pembakar (degreasing), sedangkan spesimen yang digunakan adalah Al 6082.Hasil anodizing, Ketahanan aus terendah sebesar 22, 542 % berbanding terbalik dengan laju keausan tertinggi sebesar 0,00026 g/s pada komposisi degreasing: Phosphor : 75 % ; H2SO4 : 20 %; HNO3 : 5 % dengan waktu anodizing 10 menit. Laju keausan (rate wear) semakin rendah maka ketahanan aus semakin tinggi, dan waktu anodizing semakin lama maka ketahanan ausnyasemakin meningkat.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jtmt

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering

Description

Jurnal TRANSMISI dipublikasikan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Merdeka Malang sebagai media diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah baik penelitian dasar maupun terapan di bidang teknik mesin. Berkala ilmiah ini memuat naskah dengan bidang kompetensi konversi energi, material ...