ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi bersaing jahe instan produk CV.Intrafood dan strategi bersaing yang dapat direkomendasikan untuk meraihkeberasilannya. Metode dasar yang digunakan adalah analisis deskriptif.Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive, yaitu CV.Intrafood Surakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataprimer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisisPerceptual Mapping. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa jahe instanproduk CV Intrafood berada pada peringkat ke-dua dari produk empat jahe instanyang diperbandingkan. Atribut yang dapat dijadikan kekuatan utama dalammeningkatkan pemasaran jahe instan produk CV. Intrafood adalah manfaatproduk. Sisi yang paling lemah adalah atribut desain kemasan dan kinerja produkdalam kemasan.Kata Kunci : Jahe Instan, Strategi, Perceptual MappingCOMPETITIVE STRATEGY FORMULATION FOR INSTANT GINGERPRODUCT OF CV. INTRAFOOD SURAKARTAABSTRACTThis study aims to determine the competitive position of the product instantginger CV. Intrafood and competitive strategy can be recommended to achievesuccess. The basic method used is descriptive analysis. Determining the locationof the study are determined by purposive method, namely CV. IntrafoodSurakarta. Data used in this study is primary data and secondary data. Methodanalyzed using Perceptual Mapping. From the results of the study concluded thatinstant ginger of CV Intrafood product ranks second of four instant gingerproducts are compared. Attributes that can be used as a major force in improvingproduct marketing instant ginger CV. Intrafood is the benefits of the product. Theweakest side is the packaging design and performance attributes of the productin the packaging.Keywords: Instant Ginger, Strategy, Competitive, Perceptual Mapping
Copyrights © 2013