Epsilon: Jurnal Matematika Murni dan Terapan
Vol 12, No 2 (2018): JURNAL EPSILON VOLUME 12 NOMOR 2

MEMBANGUN OBYEK MESIN BUBUT DAN OBYEK PUTARAN MENGGUNAKAN POV-RAY

Harmastuti Harmastuti (Sistem Komputer FST IST ’AKPRIND’ Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2019

Abstract

Obyek mesin bubut (lathe) adalah obyek yang dibangun dengan memutar kurva pada suatu sumbu putar, Dalam tulisan ini, akan dibangun obyek benda putar yang diperoleh dengan cara memutar kurva yang ditentukan dengan cara menghubungkan sejumlah terbatas pasang koordinat titik yang ditentukan posisinya selanjutnya kurva diputar mengelilingi sumbu Y obyek yang terbentuk berupa benda putaran, menggunakan algoritma SOR dan lathe pada perangkat lunak POV-Ray. Hasil penelitian, Obyek mesin bubut (lathe) dibangun dengan memperhatikan enam pasangan titik kontrol untuk membentuk obyek 3D terbuka dan tujuh pasangan titik kontrol membentuk daerah tertutup dan obyek 3D padat. Obyek lathe linear_spline memerlukan minimal dua pasang titik kontrol, obyek lathe quadratic_spline dalam membentuk obyek memerlukan minimal tiga pasang titik dan obyek lathe cubic_spline dalam membentuk obyek memerlukan lebih dari tiga pasang titik. Obyek sor tidak memperhatikan pasangan titik–titik kontrol membentuk daerah tertutup atau terbuka dan obyek yang terbentuk berupa benda padat tetapi apabila dalam algoritmanya ditambah perintah open akan mengha silkan obyek benda putaran yang terbuka. Kecepatan render pada resolusi 640 x 480, Obyek sor dan lathe cubic_spline bentuk obyek yang dihasilkan sama. Sedangkan untuk obyek lathe linear 5,01 dan 4,65 detik, obyek lathe quadratik 4,95 dan 4,65 detik dan obyek lathe cubic 4,82 dan 5,41 detik.Kata kunci: pigmen wood, objek benda putar 3D, obyek lathe, obyek sor

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

epsilon

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Transportation

Description

Jurnal Matematika Murni dan Terapan Epsilon is a mathematics journal which is devoted to research articles from all fields of pure and applied mathematics including 1. Mathematical Analysis 2. Applied Mathematics 3. Algebra 4. Statistics 5. Computational ...