Persaingan antar Rumah Sakit terus berkembang seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi baik regional maupun internasional. Paru Dr.H.A.Rotinsulu merupakan Rumah Sakit khusus pelayanan kesehatan penyakit paru perlu meningkatkan citra rumah sakit dalam persepsi pelanggan sebagai wakil dari masyarakat. Untuk meningkatkan citra tidak terlepas dari pengelolaan rumah sakit melalui program bauran pemasaran yang telah dilaksanakan dan pengaruh lingkungan eksternal individu pasien yang merupakan bagian terdalam (inti) dari perilaku pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tanggapan pasien terhadap kinerja bauran pemasaran dan citra RS.Paru Dr.H.A. Rotinsulu serta pengaruh lingkungan eksternal individu pasien terhadap keberadaan/eksistensi RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian  survey  dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Adapun teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah berbentuk grafik dan analisis jalur ( Path Analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja bauran pemasaran dan citra RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu dirasakan oleh pelanggan baik, tetapi ada dua kinerja bauran pemasaran yang dirasakan kurang  yaitu lokasi dan promosi. Lingkungan eksternal individu mempunyai pengaruh kuat terhadap pertimbangan menggunakan pelayanan di RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu. Secara bersama-sama kinerja bauran. Kata Kunci: bauran pemasaran jasa, citra rumah sakit
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019