Cendekia: Media komunikasi penelitian dan pengembangan pendidikan islam
Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018

Pendekatan Humanis dalam Pembelajaran Fikih

Hasyim (STIT Al-Fattah Siman Lamongan)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2018

Abstract

Proses pembelajaran fiqih selama ini lebih terkesan menakut-nakuti peserta didik. Sehingga, cenderung berjalan monoton, indoktrinatif, teacher-centered, top-down, sentralistis, mekanis, verbalis, kognitif. Jika dalam proses pendidikan dan pembelajarannya, fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang doktriner dan eksklusif, maka output-nya akan cenderung bersikap kaku dan eksklusif pula. Sebaliknya, jika fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang terbuka dan dengan menonjolkan sisi-sisi akhlaq, maka hasilnya adalah manusia-manusia yang terbuka dan bisa memahami bagaimana melakukan hubungan dengan orang lain dengan segala keunikan dan keberbedaannya. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang menekankan humanitas dan keberagamaan. Diantaranya adalah pembelajaran fiqih tidak harus bersifat linier, namun menggunakan pendekatan muqaron, serta mengembangkan system yang harus dilakukan oleh manusia, dalam rangka berproses penyempurnaan diri pribadinya, yaitu hubungan manuisa dengan Tuhan (aspek keberagamaan) dan hubungan manusia dengan sesamanya (aspek kebersamaan) sekaligus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal invites the original article and is not simultaneously sent to another journal or conference. The focus and scope of Scholar is the Communication Media for Research and Development of Islamic Education, such as research and development, quantitative, qualitative, experimental, ...