Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN 184/V Parit Ponco dengan 7 siswa kelas II. Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan bantuan media konkret pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 32,86 pada prasiklus menjadi 45,71 pada siklus I dan menjadi 75,71 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata persentase siswa pada prasiklus sebesar 38,10% kemudian meningkat menjadi 73,81% pada siklus I dan menjadi 85,71% pada siklus II. Sehingga rekomendasi positif penggunaan media konkret ini dapat diberikan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.
Copyrights © 2019