Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019

Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Kognitif Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Konkret

Kastiniwati Kastiniwati (SDN 184/V Parit Ponco, Kecamatan Kuala Betara, Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN 184/V Parit Ponco dengan 7 siswa kelas II. Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan bantuan media konkret pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 32,86 pada prasiklus menjadi 45,71 pada siklus I dan menjadi 75,71 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata persentase siswa pada prasiklus sebesar 38,10% kemudian meningkat menjadi 73,81% pada siklus I dan menjadi 85,71% pada siklus II. Sehingga rekomendasi positif penggunaan media konkret ini dapat diberikan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...