KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 5, No 1 (2019): Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

POLA TATA RUANG DESA TEGUR WANGI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MUARA ENIM

Safitri Wulan Dari (SMP Negeri 1 Muara Enim)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah belum dimanfaatkannya pola tata ruang desa Tegur Wangi sebagai sumber pembelajaran sejarah di Sekoah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pola tata ruang desa Tegur Wangi sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang pola tata ruang desa Tegur Wangi, untuk meningkatkan pengetahuan pelaksanaan pola tata ruang yang ada pada desa Tegur Wangi dan hasil penelitian ini dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Keabsahan data dari penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Pola tata ruang desa Tegur Wangi pusat desa berada pada tengah-tengah desa dan sekililing desa di kelilingi oleh sistem perekonomian. Terdapat berbagai macam komunitas perekonomian di desa Tegur Wangi. Sedangkan sistem pemerintahannya mereka menggunakan sistem pemerintahan modern dan tradisional, serta di desa Tegur Wangi terdapat jalan raya dan ganggang serta jembatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...