KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 6, No 1 (2020): Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

INTERPRETASI ISI PRASASTI TELAGA BATU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Sisna Kurniati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2020

Abstract

Kerajaan Sriwijaya menyimpan data mengenai peninggalan-peninggalannya seperti prasasti Telaga Batu . Data kesejarahan tersebut belum dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan penelitian: Nilai sejarah apa sajakah yang terdapat pada prasasti Telaga Batu untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui nilai sejarah prasasti Telaga Batu Kerajaan Sriwijaya untuk dijadikan sumber pembelajaran sejarah di SMA negeri 4 Prabumulih. Metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data: Dokumentasi, observasi lapangan, wawancara mendalam, dengan menggunakan teknik triangulasi data dan sumber. Jadi kerajaan Sriwijaya merekam data mengenai peninggalan prasasti Telaga Batu pada abad 9 Masehi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...