HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2019): Histogram

EFEKTIFITAS PENERAPAN CASE BASED LEARNING (CBL) DISERTAI UMPAN BALIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

A.M.Irfan Taufan Asfar (STKIP MUHAMMADIYAH BONE)
A.M.Iqbal Akbar Asfar (STKIP MUHAMMADIYAH BONE)
Aspikal Aspikal (STKIP MUHAMMADIYAH BONE)
Nurwijaya Nurwijaya (STKIP MUHAMMADIYAH BONE)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Penerapan Case Based Learning (CBL) disertai umpan balik bertujuan agar siswa yang kesulitan mengenai konsep-konsep pada pokok bahasan yang telah diberikan dapat terbantu sehingga kemampuan pemahaman konsep terasah yang akan berdampak pada hasil belajar matematika siswa meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan Case Based Learning (CBL) disertai umpan balik pada pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel kelas kontrol dan eksprimen masing-masing sebanyak 31 siswa. Hasil analisis perhitungan t independent test, diperoleh nilai thitung > ttabel (11,90 < 1,67) dengan pengujian two tail, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Case Based Learning (CBL) disertai umpan balik berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...