Ekonomi kreatif dapat dijadikan pilihan bagi Social Entrepreneur untuk mengembangkan sektor UKM menghadpi persaingan. Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep dan gagasan di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Business Model Canvas sebagai alat untuk membantu melihat lebih akurat bagaimana bentuk usaha yang sedang atau akan dijalani atau untuk menggambarkan sebuah bisnis secara menyeluruh. Metode kualitatif interaktif digunakan dalam penelitian, dimana menggunakan studi yang mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung secara alamiah. Sumber informasi adalah informan yang terlibat dalam kewirausahaan sosial, seperti Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat serta UKM yang akan dijadikan model penerapan kewirausahaan sosial melalui Business Model Canvas. Hasil Penelitian menunjukkan model bisnis kanvas, minimal memberikan arahan kepada sektor UKM untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Pilihan ekonomi kreatif merupakan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin murah. Penjualan online, design system dan membuat iklan online menjadi pilihan bagi sektor bisnis UKM. Kedepan perlu dilakukan pembinaan dan pendampingan agar UKM selalu kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha sosialnya. Kata Kunci : Business Model Canvas, ekonomi kreatif dan Social Entrepreneur
Copyrights © 2015