Estimasi sangat perpengaruh besar terhadap sebuah perencanaan baik itu perencanaan membangun rumah, gedung, jalan raya, sampai perencanaan pembuatan suatu perangkat lunak (software). Estimasi biaya dan usaha proyek merupakan suatu kegiatan pengaturan sumber daya dalam mencapai tujuan dan sasaran dari proyek, sehingga proyek dapat berjalan sesuai dengan tahapan dan target yang dikehendaki. Estimasi biaya proyek merupakan perkiraan waktu, biaya serta jumlah pegawai yang mengerjakan proyek. Estimasi biaya pada penelitian ini menggunakan metode COCOMO II. Metode COCOMO II dan metode analogi sebagai pembanding. Kedua metode tersebut menyediakan sebuah teknik estimasi biaya yang bertujuan untuk mengetahui berapa lamanya proses pengembangan perangkat lunak serta berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak tersebut. Untuk menggambarkan karakteristik proyek, metode COCOMO II menggunakan kuesioner Scale Driver dan Effort Multipliers yang di bagikan kepada seluruh tim proyek. Untuk menggambarkan kompleksitas sistem yang akan dikerjakan, menggunakan nilai Unadjusted Function Point di setiap proses penggunaan aplikasi pada PT. Fan Integrasi Teknologi. Sedangkan Metode Analogi menggunakan nilai Unadjusted Function Point untuk diubah kedalam function point yang nanti nya akan dihitung untuk menghasilkan perhitungan waktu, tenaga kerja dan biaya proyek.
Copyrights © 2020