JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN)
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER

Pengaruh Kinerja Pelayanan Dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam

Heryenzus Heryenzus (Universitas Putera Batam)
Suali Suali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan inilah yang selalu dituntut agar selalu bertambah baik. Hal ini tidak mudah,  karena terdapat persaingan yang semakin ketat. Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam meningkatkan kinerja organisasi diawali dari kepuasan pasien Rumah Sakit itu sendiri. Penelitian ini menggunakan kriteria  Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence(MBCfPE). MBCfPE merupakan salah satu metode peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus-menerus .Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa mengenai pengaruh masingmasing keenam kriteria MBCFPE (kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses) terhadap kepuasan pasien BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Batam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan deskriptif analisik dengan pendekatan metode mix method dengan sequential explanatory design. Jumlah jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keenam kriteria MBCFPE :kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Batam artinya semakin baik hasil variabel tersebut akan meningkatkan kepuasan pasien BPJS kesehatan rumah sakit.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bisman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) is a journal to managed of Managemen Study Program Faculty of Economics, University of Medan Area, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of ...