Abstrak: Pengawasan adalah bagian dari manajemen berbasis sekolah. Supervisi akademik oleh kepala sekolah seorang pendidik sangat penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan fakultas. Beberapa teknik supervisi akademik dapat digunakan untuk melaksanakan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik supervisi akademik utama bagi tenaga pendidik dalam merespon era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Penelitian dilakukan di SD Negeri karangpenang Oloh I Kecamatan karangpenang Kabupaten Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah menggunakan teknologi supervisi akademik kunjungan kelas, dalam hal ini kepala sekolah mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas. Kepala sekolah kemudian menggunakan teknologi pertemuan pribadi saat memberikan bimbingan kepada pendidik. Dalam penerapan teknologi supervisi tenaga pendidik kemampuan kepala sekolah sangat diperlukan, karena teknologi supervisi sangat beragam dan dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Abstract: Supervision is part of school-based management. Academic supervision by the principal of an educator is very important to understand the strengths and weaknesses of the faculty. Several academic supervision techniques can be used to carry out supervision. This study aims to determine the implementation of the main academic supervision techniques for educators in responding to the digital era. This study uses a qualitative method. The data collection techniques used were observation, interview and note taking. The research was conducted at SD Negeri karangpenang Oloh I, karangpenang District, Pamekasan Regency. The result of this research is that the principal uses class visit academic supervision technology, in this case the principal observes directly the learning activities in the classroom. Principals then use private meeting technology when providing guidance to educators. In the application of supervisory technology, the ability of school principals is needed, because supervision technology is very diverse and can be implemented according to the conditions of each school.
Copyrights © 2020