Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 3, No 2 (2020): September

PEMANFAATAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KINEMATIKA

Siwi Puji Astuti (Universitas Indraprasta PGRI)
Alhidayatuddiniyah T.W. (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

Abstrak: Ada beberapa program aplikasi komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya Kinematika. Salah satunya software matrix laboratory atau yang lebih dikenal dengan Matlab. Matlab adalah suatu software yang dapat membantu kita untuk melakukan perhitungan matematik, analisis data, mengembangkan algoritma, melakukan simulasi dan pemodelan, serta menyajikannya dalam bentuk grafis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dengan menggunakan software Matlab. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa program studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Informatika semester 3 pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan perhitungan didapat skor sebesar 72,35 %, atau dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang suka belajar fisika dengan Matlab sebanyak 49 mahasiswa dan hasil lain menunjukkan hasil 70 % yang artinya sebanyak 48 mahasiswa setuju dengan adanya penggunaan software Matlab membuat mahasiswa lebih memahami soal fisika.Abstract: There are several computer application programs that can be used as a medium for learning physics, especially kinematics. One of them is the matrix laboratory software or better known as Matlab. Matlab is a software that can help us to perform mathematical calculations, data analysis, develop algorithms, perform simulations and modeling, and present them in graphical form. The purpose of this study was to determine student interest in learning by using Matlab software. The research was conducted on students of the Informatics study program, FTIK, Indraprasta PGRI University. The population of this study was the 3rd semester Informatics students in the odd semester of the 2019/2020 school year. Based on the calculation obtained a score of 72.35%, or it can be said that students who like to learn physics with Matlab are 49 students and other results show 70% results, which means that 48 students agree with the use of Matlab software to make students understand more about physics problems.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...