Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini untuk melihat peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Praya Tengah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pengumpulan data observasi, interview, dan dokumentasi. Diperoleh hasil pada siklus I kategori kemampuan kelompok pada siswa dalam menulis paragraf argumentasi adalah 68.69 berada pada kategori normal terhadap angka 50 – 78. Rata-rata siswa belum mencapai standar kriteria minimal yaitu 75. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata 82.03 berada pada kategori normal dari rentang angka 78 – 91. Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf argumentasi di kelas X SMAN 1 Praya Tengah dapat meningkatan hasil belajar dan motivasi siswa.Abstract: This classroom action research to see the improvement of students' learning outcomes and motivation through the application of problem-based learning approaches in Indonesian subjects of argument paragraph writing materials was carried out in class X of SMAN 1 Praya Tengah Indonesian subjects with methods of collecting observational data, interviews, and documentation. The result in cycle I of the group ability category in students in writing argument paragraphs was 68.69 being in the normal category against the numbers 50 – 78. The average student has not reached the minimum criteria standard of 75. And in cycle II obtained an average of 82.03 is in the normal category of the number range 78 – 91. It concluded that the application of problem-based learning approach to Indonesian subjects of argument paragraph writing in class X SMAN 1 Praya Tengah can improve student learning outcomes and motivation.
Copyrights © 2020