Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 3, No 2 (2020): September

KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA

Siti Fatimah (SD Negeri 116255 Aek Tobang, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Abstrak : Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru. Kepala sekolah pada satuan pendidikan memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan guru dalam pembelajaran yang di dalamnya ada sistem evaluasi pembelajaran. Sesuai dengan perencanaan yang telah disusun diawali dengan sosialisasi kepada seluruh guru SD Negeri 116255 AEK Tobang   tentang penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dalam rangka on training Diklat penguatan kepala sekolah dan pengawas yaitu tindakan supervisi akademik yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan. Tindakan supervisi akademik siklus 1 dilaksanakan oleh Kepala Sekolah tindakan yang dilakukan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam analisis hasil penulis penilaian supervisi dikelompokkan dalam tiga aspek penilaian yaitu administrasi pembelajaran proses pembelajaran penggunaan LCD proyektor dan penilaian peserta didik terhadap proses pembelajaran melalui angket Bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dan siswa dalam menyusun administrasi mengajar dengan lengkap dan perencanaan mengajar melalui supervisi akademik sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih bermutu.  Guru maupun siswa menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/ RPP dari peneliti sehingga terjadinya peningkatan, Kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dan siswa dalam prosesbelajar dan mengajar dari siklus ke siklus sehingga terjadinya peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17,91%. Abstract: The success of education in educational units is strongly influenced by the role of the principal as a researcher in learning leadership for teachers. The principal in the education unit has a strategic role in determining the success and failure of teachers in learning in which there is a learning evaluation system. In accordance with the plan that has been prepared, it begins with socialization to all teachers of SD Negeri 116255 Aek Tobang about action research carried out by the principal in the context of on training for strengthening school principals and supervisors, namely academic supervision actions that will be carried out in 2 cycles of activity. Cycle 1 academic supervision action is carried out by the principal. The actions taken include planning the implementation of observation and reflection. In the analysis of the author's results, the supervision assessment is grouped into three aspects of assessment, namely the learning administration of the learning process using LCD projectors and students' assessment of the learning process through continuous guidance questionnaires can increase teacher and student motivation in compiling complete teaching administration and teaching planning through academic supervision so as to produce better quality learning. Teachers and students show seriousness in understanding and arranging teaching administration, especially after receiving teaching administration development guidance / RPP from researchers so that there is an increase, Academic supervision activities can increase the competence of teachers and students in preparing lesson plans which in turn improve the quality of learning. This can be proven from the results of observations which show that there is an increase in the competence of teachers and students in the learning and teaching process from cycle to cycle so that the average increase in learning planning is 17.91%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...