Ijtimaiya : Journal of Social Science and Teaching
Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN

Karim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikanketerbatasan guru menemukan metode pembelajaran yang dapatmeningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian menggunakanpendekatan kualitatif dengan teknikParticipation Action Research.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yangefektif dapat memberikan semangat belajar siswa memiliki kriteria:metode itu mampu memberikan semangat siswa menggali hal-halbaru, merangsang otak kiri dan otak kanan berkembang secaraproporsional, dapat menghasilkan ide-ide baru danmengembangkan keterampilan baru. Pelatihan metodepembelajaran mind map, dapat membantu guru: lebih mudahmemahami materi pembelajaran, lebih mudah mengembangkan2 Journal of Social Science Teachingmateri pembelajaran dan mengingat kembali, dapatmengembangkan kreativitas dan menyenangkan. Disarankankepada para guru dapat mengembangkan penggunaan metode mindmap untuk mempermudah memahami dan mengembangkan materipembelajaran serta memperkuat dingatan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Ijtimaia

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

IJTIMAIYA is an open access, and peer-reviewed journal. IJTIMAIYA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on integrated social sciences, ...