Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 9 No. 2 (2015): JPPI

PENGARUH KREATIVITAS GURU MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PRESTASI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS DI SMAN KARUBAGA KABUPATEN TOLIKARA

Tinton Tri Pebrianto (Unknown)
M Tauchid Noor (Unknown)
Supriyanto Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan (1) pengaruh kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS, (2) pengaruh minat siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS, (3) kreativitas guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMAN Karubaga Kabupaten Tolikara. Metode yang digunakan adalah  pendekatan kuantitatif sedangkan untuk jenis penelitian adalah korelational sebab akibat. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru mengajar dan minat siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini: (1). Guru atau pendidik yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi dalam mengajar akan menghasilkan siswa yang mempunyai prestasi belajar IPS lebih baik dan  guru atau pendidik yang mempunyai tingkat kreativitas rata-rata atau rendah akan menghasilkan siswa yang mempunyai prestasi belajar IPS rata-rata atau rendah.         (2). Siswa yang mempunyai tingkat minat belajar tinggi memiliki prestasi belajar IPS lebih baik dari siswa yang mempunyai tingkat minat belajar rata-rata atau rendah. (3). Hasil prestasi (y) dipengaruhi sebesar 58 % oleh variabel Kreativitas Pendidik (X1) dan minat belajar siswa (X2) sedangkan sisanya (100% - 58%) 42% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Hal tersebut menunjukkan kreativitas pendidik dan minat belajar secara bersama-sama dengan persentase 58% berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. sedangkan sisanya ada faktor lain yang mempengaruhi, faktor lain tersebut bisa dimungkinkan adalah faktor pengaruh lingkungan, fasilitas, pergaulan dan motivasi siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...