Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2018)

Peran Sastrawan dalam Pengajaran Sastra di Sekolah

Nori Anggraini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranan sastrawan dalam pengajaran sastra di sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA di Tangerang. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyatakan perlunya peran sastrawan dalam pembelajaran di sekolah terkait pemberian motivasi secara langsung, pendampingan dalam apresiasi sastra, sumbangan pendapat dalam penyusunan kurikulum, dan penciptaaan karya sastra yang berisi nilai-nilai pembentukan karakter sesuai dengan tujuan pengajaran sastra.Keyword: peran, sastrawan, pengajaran sastra, sekolah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...