Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Kelapa Dua II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengkaji dan mengalisis data secara objektif sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Hasil penelitian ini ditemukan pada 28 tulisan siswa yang telah dianalisis, terdapat kesalahan penulisan huruf kapital siswa pada karangan sederhana sebanyak 489 kesalahan dari 1874 data atau 26,09%. Sedangkan kesalahan perletakan tanda baca pada karangan sederhana yang telah ditulis siswa sebanyak 426 kesalahan dari 1874 data atau 22,73%. Ini menunjukan hampir semua siswa kelas III  SDN II Kelapa Dua memahami penggunaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.Kata kunci : huruf kapital, tanda baca, karangan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018