Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dibatasi dengan menetapkan masalah sebagai berikut: “Sejauhmana efektifitas penggunaan gambar acak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester II Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pekalongan Tahun Akademik 2009/2010”. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengaplikasikan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas beberapa siklus, sehingga diperoleh perubahan yang signifikan pada kemampuan berbicara mahasiswa. Pengukuran kemampuan berbicara mahasiswa dilakukan melalui pelaksanaan tes berbicara dengan mengukur fluency, quality of communication, pronunciation, dan effort to communicate. Masing- masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa semester II program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pekalongan Tahun akademik 2009/2010.Kata Kunci: Berbicara Bahasa Inggris, Pembelajar Berbicara, Media Pengajaran, Gambar Acak, Penelitian Tindakan Kelas.
Copyrights © 2010