Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018

STRATEGI DAKWAH BERBASIS SOCIAL NETWORK (TINJAUAN MAJELIS DAKWAH AL-BAHJAH CIREBON)

Artis Artis (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau)
Zoko Syahputra (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dakwah berbasis social network yang merupakan fenomena baru dalam dunia dakwah di era modernisasi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik perbandingan tetap (constant comparative method). Penelitian ini menemukan bahwa strategi dakwah Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network telah tersistem dengan baik. Juru dakwah (da’i) dalam kegiatan ini adalah Abuya Yahya Zainul Ma’arif sebagai da’i utama dan didukung oleh da’i lainnya di Tim Dakwah Al-Bahjah. Pemetaan kondisi umat (mad’u) di social network dilakukan melakukan pengklasifikasian terhadap pengguna sosial media kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Perumusan materi dakwah (maddah) meliputi akidah, ibadah dan muammalah yang termaktub didalam Al-Qur’an, Hadits maupun Ijma’ ulama. Ditambah dengan materi-materi fenomenal atau tranding topic yang berkembang. Penyampaian materi dakwah (mawdu’) lebih cenderung menggunakan metode bil-qalam dan metode bil-lisan yang sesuai untuk dakwah berbasis social network. Keywords: Strategi Dakwah, Social Network, Majlis Dakwah al-bahjah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idarotuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna ...