Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 6 Kelas IV

lina rosidah lina rosidah (Unknown)
Savitri Wanabuliandari (universitas muria kudus)
Sekar Dwi Ardianti (universitas muria kudus)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 < -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan dengan nilai 0,3673 kategori sedang dan nilai gain aspek keterampilan dengan nilai 0,5186 kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...