Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 1, untuk mengetahui apa faktor yang menjadi hambatan dalam mengembangkan kreativitasi dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 1, untuk mengetahui solusi yang diberikan terhadap hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP N 1.Berdasarkan analisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi, wawancara, mengadakan studi dokumentasi terhadap data yang diperlukan di lapangan.Adapun responden dalam penelitian ini adalah guru.Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: 1) bentuk-bentuk kreativitas guru yang dilakukan di SMPN 1 Desa Pekan Sabtu ialah membangkitkan motivasi dan perhatian anak, memperhatikan perbedaan karakteristik anak, pengelolaan kelas, pengulangan,pemberian hadiah, memberikan pujian, mengadakan tanya jawab, menggunakan alat peraga, menyanyikan lagu, guru yang penggembira, interaksi antara guru dengan siswa, penugasan yang diberikan oleh guru, guru mengembangkan sumber belajar, persaingan atau kompetensi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswayaitu: Kedisiplinan Siswa, Tingkat Pendidikan, Fasilitas, Guru merasa puas dengan pembelajaran yang dilaksanakan. 3) Solusi yang diberikan terhadap hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa ialah memberikan hukuman, mencari tempat kos,guru bekerja sama dalam menciptakan kreativitas yang baru, solusi meningkatkatkan fasilitas agar memadai ialah meningkatkan fungsi komite sekolah yang jujur, meningkatkan wawasan guru dengan mengikuti programMusyawarah Guru Mata Pelajaran,solusi yang diberikan agar guru percaya diri dalam memberika pembelajaran ialah bahwa seorang guruharuspercaya diri dari segi hal apapun baik ketika pembelajaran berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019